Selasa, 20 Desember 2011

khasiat daging domba

Khasiat Daging Domba

Siapa bilang daging domba berkolestrol tinggi? Siapa bilang juga daging domba penyebab hipertensi? Padahal hasil penelitian di berbagai negara dunia menyatakan bila daging domba merupakan salah satu jenis daging merah yang sarat akan nutrisi dan aman untuk dikonsumsi. Daging domba muda atau sering disebut juga dengan Lamb yang berasal dari anak domba berusia 1 tahun ke bawah, kaya akan protein, zat besi, vitamin B12 dan nutrisi lainnya seperti zinc, selenium serta niacin. Mari bersama Kita telaah lebih jauh mengenai kandungan nutrisi daging domba muda yang memang ternyata bermanfaat untuk kesehatan tubuh ini.
PROTEIN, komponen terbesar dalam tubuh manusia setelah air, jumlahnya 1/6 dari berat tubuh manusia yang tersebar di dalam otot, tulang, kulit serta berbagai cairan tubuh. Protein diperlukan oleh tubuh manusia sebagai zat pembangun yaitu membentuk jaringan baru dalam tubuh, zat pengatur yaitu mengatur sistem dalam tubuh serta zat pembakar yaitu protein akan dibakar ketika kebutuhan energi tubuh tidak dapat dipenuhi oleh hidrat arang dan lemak. Daging domba muda merupakan sumber protein yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 23,64 gram protein yang bermanfaat untuk tubuh sehingga dapat memenuhi 47,27% protein yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya.

ZAT BESI, bagian penting dari hemoglobin, protein pengangkut oksigen dalam darah. Umumnya tubuh memperoleh pasokan zat besi dari makanan dan hasil daur ulang Fe pada sel darah merah tua. Tanpa zat besi, darah tak dapat membawa oksigen dengan.efektif. Oksigen diperlukan oleh setiap sel tubuh agar dapat berfungsi secara normal. Defisiensi zat besi umumnya terjadi karena kehilangan banyak darah, termasuk menstruasi, kurangnya penyerapan besi oleh tubuh, dan minimnya besi dalam diet. Zat besi memang diperoleh dari makanan yang dikonsumsi, tubuh manusia memerlukan 1 miligram zat besi yang diserap oleh tubuh setiap harinya, di mana dalam setiap takaran 300 gram daging domba muda ialah terkandung 1,85 miligram zat besi yang dapat diserap oleh tubuh.

VITAMIN B12, sebuah penelitian yang dilakukan Universitas Oxford di Inggris, dipimpin oleh Professor David Smith dan dimuat dalam jurnal Neurology, Para peneliti menyimpulkan bila orang tua dengan konsumsi vitamin B12 dengan dosis lebih rendah dari rata-rata kebutuhan memiliki resiko enam kali mengalami berkurangnya kemampuan otak. Penelitian itu kemudian menganjurkan konsumsi vitamin B12 yang terkandung pada daging, ikan dan susu agar dapat mengurangi risiko pikun di masa tua. Vitamin B12 dikenal juga sebagai cyanocobalamin dan memegang peran kunci agar otak dan sistem saraf dapat berfungsi dengan baik. Bagi anak bayi yang menyusui, asupan vitamin B12 yang paling baik adalah dari air susu ibu. Kebutuhan pokok asupan vitamin B12 yang ideal setidaknya 2 mikrogram per hari, di mana dalam setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 2,38 mikrogram vitamin B12 yang dapat diserap oleh tubuh.

ZINC, mineral esensial untuk kesehatan, Zinc (seng) adalah salah satu mikronutrien atau mineral yang esensial bagi manusia. Zinc diperlukan oleh berbagai jenis enzim dalam menjalankan fungsinya, antara lain sintesa dan perombakan protein, karbohidrat, dan lemak. Zinc juga diperlukan oleh berbagai protein lain serta oleh biomembran. Dalam hal ini, Zinc berperan penting dalam metabolisme tingkat seluler, antara lain sintesa DNA dan RNA. Bahkan, kehadiran Zinc dalam tubuh kita akan sangat mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh sehingga berperan penting dalam pencegahan infeksi oleh berbagai jenis bakteri patogen.

Menurut penelitian, defisiensi Zinc pada ibu hamil akan sangat mempengaruhi fungsi kekebalan pada janin, hal tersebut akan tetap bertahan setelah sang janin lahir dan juga selama masa hidupnya. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkonsumsi Zinc. Tidak hanya orang dewasa, Zinc juga dibutuhkan oleh anak-anak, bila kandungan Zink di dalam tubuh si kecil rendah maka ia akan rentan terhadap penyakit. Menurut Dr. Endang Tatar, SpA(K), MPH, si kecil yang berumur di bawah 12 bulan membutuhkan asupan Zinc sekitar 5 mg perhari, sedangkan yang berumur lebih dari 12 bulan membutuhkan Zinc sekitar 10 mg perhari. Kebutuhan ini sebenarnya sangat kecil, tetapi ternyata peranannya sangat penting! Bila kandungan Zinc di dalam tubuh si kecil rendah, maka ia akan rentan terhadap penyakit. Kandungan Zinc di dalam tubuh yang rendah akan menyebabkan sistem imun tubuh terganggu sehingga tubuh tidak bisa mengenali dan memerangi penyakit infeksi tertentu. Penambahan Zinc telah terbukti efektif untuk menurunkan penyakit pneumonia (radang paru), diare dan penyakit infeksi lainnya. Zinc juga dapat menurunkan lama dan derajat keparahan batuk pilek selesma. . Daging domba muda merupakan sumber Zinc yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 4,55 mg Zinc yang bermanfaat untuk tubuh.
SELENIUM, salah satu mineral penting lainnya yang sangat dibutuhkan oleh tubuh, memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk meredam aktivitas radikal bebas. Tubuh manusia pada dasarnya memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang bisa menghancurkan sel dan menimbulkan berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan penuaan dini. Di dalam tubuh, selenium bekerja sama dengan vitamin E sebagai zat antioksidan untuk memperlambat oksidasi asam lemak tak jenuh. Hasil penelitian belakangan ini memastikan bahwa selenium juga dapat mencegah kanker (termasuk kanker kulit akibat paparan matahari) sehingga semakin menambah pamornya sebagai mineral yang bermanfaat besar untuk meningkatkan fungsi kekebalan tubuh manusia.
Menurut hasil penelitian, orang dewasa dianjurkan untuk mengonsumsi 55 mikrogram (mcg) selenium setiap hari. Namun perempuan dewasa yang sedang hamil dianjurkan meningkatkan asupan selenium menjadi 60 mcg per hari. Kebutuhan tersebut akan meningkat saat seorang ibu harus menyusui menjadi sebesar 70 mcg per hari. Daging domba muda merupakan sumber selenium yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 14,30 mikrogram selenium yang bermanfaat untuk tubuh sehingga dapat memenuhi 20,43% seleinum yang dibutuhkan oleh orang dewasa setiap harinya.
NIACIN, dikenal juga dengan vitamin B3, berperan membantu otak dalam memproduksi zat-zat kimia penting dan membantu pembuatan protein. Vitamin B3 juga diperlukan oleh tubuh untuk peredaran darah dan kulit yang sehat. Niacin mengambil peran penting dalam menghasilkan tenaga daripada gula darah (blood sugar) serta proses produksi lemak. Selain itu, vitamin B3 memperkecil resiko penyakit mental schizophrenia disamping memilliki manfaat sebagai penambah ingatan. . Daging domba muda merupakan sumber niacin yang baik dan berkualitas tinggi, setiap takaran 300 gram daging domba muda terkandung 5,10 miligram niacin.



TAHUKAH ANDA MENGKONSUMSI DAGING DOMBA ITU SEHAT?

Penambah Daya Ingat
Perkecil Peluang Sakit Jiwa SCHIZOPHRENIA


Siapa sangka ternyata banyak manfaat dalam sajian lezat sate domba dan ternyata yang paling menarik untuk disimak adalah manfaatnya untuk menambah daya ingat dan memperkecil peluang sakit jiwa alias schizophrenia. Hmmm, Maha Besar Allah yang memberi begitu banyak manfaat dalam setiap ciptaannya. Lalu apa saja kandungan gizi pada daging domba di tempat Warung Sate Domba Arab ALEX'S yang dikenal sebagai sate domba arab pertama di Indonesia ini?



SELENIUM
- Memiliki fungsi sebagai antioksidan untuk meredam aktivitas radikal bebas
- Memiliki kemampuan untuk melawan radikal bebas yang bisa menghancurkan sel dan menimbulkan  berbagai penyakit kronis seperti kanker, penyakit jantung dan penuaan dini.
(300 gram daging domba = 14,30 mcg selenium)


NIACIN = VITAMIN B3

- Berperan membantu otak dalam memproduksi zat-zat kimia penting dan membantu pembuatan protein.
- Lancarkan peredaran darah dan meningkatkan kesehatan kulit
- Memperkecil resiko penyakit mental schizophrenia di samping memiliki khasiat mujarab sebagai  penambah ingatan
(300 gram daging domba = 5,10 mgr niacin)

PROTEIN
- Zat Pembangun, membentuk jaringan baru dalam tubuh
- Zat Pengatur, mengatur sistem dalam tubuh
- Zat Pembakar, protein akan dibakar ketika kebutuhan energi tubuh  tidak dapat dipenuhi oleh  hidrat arang dan lemak
(300 gram daging domba = 23,64% protein)

ZINC = SENG
- Diperlukan oleh berbagai jenis enzim dalam menjalankan fungsinya. Antara lain sintesa dan  perombakan protein, karbohidrat dan lemak
- Mempengaruhi fungsi kekebalan tubuh sehingga berperan penting dalam pencegahan infeksi oleh  berbagai jenis bakteri patogen terutama bagi anak-anak.
- Menghindari penyakit pneumonia (radang paru-paru) dan diare.
(300 gram daging domba = 4,55 mg zinc)

ZAT BESI
- Bagian penting dari hemoglobin, protein pengangkut oksigen dalam darah,
- Tubuh manusia normalnya memerlukan 1 mmg zat besi
(300 gram daging domba = 1,85 gram zat besi)

VITAMIN B12
- Vitamin B12 dikenal juga sebagai cyanocobalamin agar otak dan sistem saraf dapat berfungsi  dengan baik.
- Meningkatkan kemampuan berfikir pada orang usia lanjut agar tidak cepat pikun.
- Tubuh manusia normalnya memerlukan 2 mcg Vitamin B12 per hari.
(300 gram daging domba = 2,38 mcg Vit B12)

(disarikan dari berbagai sumber)
Sidik Rizal (http://www.satedombaalex.com/2010/10/tahukah-anda-mengkonsumsi-daging-domba.html)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar